Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BeritaRagam

Satgas Citarum Harum Sektor 12 Kembali Melaksanakan Sosialisasi Penataan KJA

12582
×

Satgas Citarum Harum Sektor 12 Kembali Melaksanakan Sosialisasi Penataan KJA

Sebarkan artikel ini

Cianjur, Satgas Citarum Harum Sektor 12 kembali melaksanakan sosialisasi terkait penataan keramba jaring apung ( KJA ) di aula Desa Cikidangbayabang, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa, (1/8/23).

Kegiatan sosialisasi Satgas Citarum Harum sektor 12 bersama PLN Nusantara Power Dinas Kelautan dan Perikanan dan juga Dinas Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Barat tersebut dihadiri oleh Forkopimcam Mande dan diikuti oleh para petani keramba jaring apung waduk Cirata.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pada kesempatan itu, Dansektor 12 Citarum Harum Kolonel Kav. Bokiyar menjelaskan alasan dan faktor penataan KJA. Dikatakan Dansektor bahwa penertiban sangat penting dilakukan mengingat jumlah KJA yang ada di Waduk Cirata telah melebihi ambang batas.

” Karena di Waduk Cirata ini daya tampungnya sudah diambang batas daya tampungnya hanya sedikit sedangkan hasil Validasi 2019 itu sekitar 9.3641 sehingga kelebihannya hampir 1200%,” kata Dansektor 12, kepada wartawan seusai melaksanakan sosialisasi.

Ia menjelaskan bahwa sebelum melaksanakan penataan KJA, pihaknya akan melakukan tiga tahapan, yaitu Sosialisasi, validasi dan penertiban KJA itu sendiri.

” Kegiatan ini masih dalam rangka penataan keramba jaring apung, ada tiga tahapan didalam penataan KJA ini, yaitu sosialisasi, validasi, dan penertiban itu sendiri dan yang kita laksanakan sekarang adalah tahap awal yaitu sosialisasi dalam rangka validasi nanti yang akan dilaksanakan dilapangan,” katanya.

Kolonel Kav. Bokiyar menerangkan bahwa dalam validasi nanti, pihaknya akan melibatkan Kepala Desa. Hal itu agar validasi benar benar tepat.

” Nanti akan kita bentuk tim termasuk nanti di dalamnya ada aparatur pemerintahan desa, agar nanti mereka yang memperifikasi KTP dan sebagainya,” terangnya.

Dansektor 12 berpesan agar pada saat validasi nanti para petani dapat bekerja sama dengan tim validasi.

” Saya berpesan kepada para petani nanti pada saat validasi data untuk tim yang turun kelapangan supaya dapat bekerja sama dengan baik, memberikan data yang valid tidak ada yang ditutup tutupi, jujur apa adanya sehingga validasi yang kita lakukan betul betul sesuai dengan tujuan dan harapan kita,” pesannya tegas.

Senada Humas PLN Nusantara Power, Pintor mengatakan bahwa penataan KJA sangatlah penting untuk keberlangsungan Waduk Cirata.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dalam kegiatan sosialisasi yang sudah kita laksanakan sebelum sebelumnya,” kata Pintor.

Ia menyampaikan bahwa terkait penataan KJA di waduk Cirata pihak nya akan melakukan 6 kali sosialisasi di tiga kabupaten yakni, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Purwakarta.

” Minggu lalu kita sudah melakukan sosialisasi di Kabupaten Bandung Barat, di Cianjur sekali dan ini yang ke dua kalinya besok Cianjur yang ke tiga kali,” katanya.

Pintor berharap dengan adanya sosialisasi semua pihak dapat mengerti akan pentingnya menjaga dan melestariakan Waduk Cirata.

” Saya berharap semua yang hadir pada kesempatan ini dapat menyampaikan apa yang telah disampaikan pemateri kepada teman teman mereka,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Mohon maaf ya, Carilah Berita Sendiri.................