Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BeritaDaerah

MASAK BERSAMA TNI* CEK FAKTA-FAKTA WARGA PAPUA YANG SEMPAT MEMINTA PERLINDUNGAN TNI KARENA DIANCAM KST

4778
×

MASAK BERSAMA TNI* CEK FAKTA-FAKTA WARGA PAPUA YANG SEMPAT MEMINTA PERLINDUNGAN TNI KARENA DIANCAM KST

Sebarkan artikel ini

HARIAN PERS // Reaksi cepat dan kepedulian Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi tercermin dalam tindakan cepat mereka ketika pada tanggal 20 Oktober 2023, Kampung Erogobak, Kabupaten Puncak, Papua, diserang oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP). Warga yang merasa terancam segera mencari perlindungan Ke Pos Eromaga Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi. Fakta-Fakta terkini, 52 warga Erogobak, Kab.Puncak, Papua yang sempat berlindung Sehari Semalam di Pos Eromaga Satgas 300 Siliwangi melaksanakan MASAK DAN MAKAN BERSAMA TNI. Minggu (29 / 10 / 2023)

*KST Intimidasi Warga*
Sejumlah 52 Warga Erogobak meminta Perlindungan kepada TNI di Pos Eromaga Satgas 300 Siliwangi di Kab.Puncak karena mereka di intimidasi dan diancam oleh Kelompok KST. Saat itu pada Tanggal 20 Oktober 2023 malam hari sekitar pukul 21.00, semua warga berhasil diselamatkan Satgas 300 Siliwangi dan mereka berlindungan di Saung Depan Pos.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

*Semua kebutuhan terpenihu selama di Pos TNI*
52 warga Erogobak yang meminta perundangan di Pos Satgas 300 terpenuhi semua kebutuhan mereka baik secara Sandang, Pangan dan Pappan serta Pelayanaan kesehatan. Malam kejadian tersebut, Pos Satgas 300 memberikan Baju, selimut, makanan selama di Pos, bahkan api Unggun untuk penghangat dikarenakan cuaca di Kab.Puncak sangat dingin, rata-rata 6⁰C sampai dengan 14⁰C. Besok Harinyapun Bansos Pangdam XVII/Cen didistribusikan langsung oleh Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi dan merakapun diajak makan siang bersama.

*Warga Sudah Kembali Ke Kampung Erogobak*
52 Warga tersebut sudah kembali ke kampung Erogobak sejak sehari setelah kejadian itu, mereka kembali setelah Satgas 300 melaksanakan Patroli ke Kampung Erogabak dan diyakinkan aman. Mereka kembali setelah semua merasa aman, namun mereka meminta akan datang lagi berlindung ke Pos TNI bila KST datang mengintimidasi mereka kembali.

*Pos TNI Eromaga sudah Jadi Keluarga Baru Erogobak*
Dengan berbagai banyak kebersamaan mereka antara Pos TNI Eromaga dan Warga Erogobak, mereka sekarang sudah menjadi keluarga. Setiap hari mereka berinteraksi secara Positif. Warga sudah setiap hari berkunjung ke Pos 300, baik sekedar tegur sapa maupun minta pelayanan kesehatan, Pendidikan, olah raga bersama, minta bahan makanan bahkan untuk jual hasil kebun mereka. Keluarga meraka sangat harmonis dan meraka sudah mulai kelihatan bahwa kehadiran TNI didepan meraka bukan hanya sebagai dinas tapi melainkan pengabdian tulus dan nyata dalam membantu masyarakat disekitarnya.

*TNI MAJU SATU LANGKAH*
Dengan datangnya 52 Warga yang meminta perlindungan kepada Pos TNI Satgas 300 Siliwangi merupakan bukti nyata bahwa TNI DI KAB.PUNCAK SUDAH MAJU SATU LANGKAH dikarenakan selama ini belum pernah ada warga berbondong-bondong minta bantuan dan berlindung kepada TNI dan menjadi bukti nyata kepercayaan warga kepada Pos Eromaga Satgas 300 Siliwangi. Kepercayaan masyarakat seperti sangat perlu dijaga dan dipelihara untuk menciptakan iklim kondusif di Papua.

*Warga dan TNI 300 sering masak dan malan bersama*
Kondisi terakhir yang bisa kita lihat adalah, Pos TNI 300 di Eromaga melaksanakan masak dan makan bersama warga Erogobak. Mereka bersama seperti saudara, seperti sedang merayakan lebaran ataupun hari-hari besar. Disini kita lihat, kepercayaan warga terhadap TNI sangatlah tinggi. Dengan kehadiran TNI di tengah-tengah warga, minimal mereka mendapat rasa aman dalam menjalankan hidup mereka sehari-hari. Masak bersama seperti itu sangatlah jarang ditemui dikarenakan mereka biasa melaksanakan masak bersama pada acara adat yaitu BAKAR BATU. Namun masak Bersama ini merupakan bukti nyata mereka sebagai satu keluarga.

Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi, Letkol Inf Afri Swandi Ritonga S.IP dalam sebuah pernyataan, mengungkapkan penghargaan mendalam terhadap Pos Eromaga. Menurutnya, kepercayaan yang tinggi dari masyarakat Papua adalah bukti konkret bahwa TNI telah menjadi benteng keamanan yang dapat diandalkan. “Kami berbangga melihat bahwa kepercayaan ini tidak hanya sebatas kata-kata, tetapi terlihat dalam tindakan nyata masyarakat yang datang ke Pos Eromaga Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi dalam situasi genting ini,” ujarnya.

Tanggapan positif dan rasa terbantu yang dirasakan oleh masyarakat adalah cerminan dari kepedulian Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi. Salah satunya Kepala Suku, Bapak Marikita yang merasakan akan terbantunya beliau dan keluarganya “Dalam saat-saat sulit, kehadiran TNI bukan hanya memberikan perlindungan fisik, tetapi juga menciptakan rasa aman, solidaritas, dan harapan bagi masyarakat yang terancam oleh KSTP.” Ucap beliau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Mohon maaf ya, Carilah Berita Sendiri.................